EMPING MATO/TEKI MADURA

Foto: Rumput mota (teki) madura

Selama ini, rumput teki sering dipandang sebagai gulma dan mengganggu tanaman lain di sekitarnya. Tapi ternyata rumput liar ini bisa diolah menjadi makanan ringan yang enak. Bahkan, rasanya tidak kalah dengan emping melinjo.
Cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama-tama, cabut rumput teki beserta umbinya. Pisahkan umbi dari daunnya. Umbi pun dibersihkan dari kulitnya. Setelah bersih, umbi dari rumput teki ini direbus. Lalu, umbi ini ditumbuk layaknya proses pembuatan emping melinjo.
Untuk satu bulatan besar emping, dibutuhkan sekitar 10 umbi rumput teki yang ditumbuk menjadi satu. Umbi rumput teki yang telah ditumbuk pipih ini kemudian dijemur di sinar matahari. Setelah mengering, umbi ini digoreng hingga matang. Emping dari rumput teki ini pun siap dihidangkan.
Yang menarik, rasa emping dari rumput teki ini tidak sepahit emping melinjo. Rasanya lebih gurih dan renyah. Bila disimpan di tempat yang kedap udara, emping rumput teki ini bisa tahan hingga satu tahun.
Ternyata, tidak hanya bisa diolah sebagai camilan, akar rumput teki ini juga bisa digunakan sebagai obat. Tumbuhan ini mengandung alkaloid, flavonoid, sineol, pinen, siperon, rotunal, siperenon, dan siperol. Berbagai zat ini berkhasiat untuk menormalkan siklus haid pada kaum perempuan. Selain itu, tumbuhan ini juga mampu mengurangi gangguan sakit dada, sakit gigi, gangguan fungsi pencernaan seperti mual, muntah, nyeri lambung, sakit perut, dan diare. Bahkan, rumput teki bisa membantu menyuburkan kandungan dan meningkatkan vitalitas kaum pria.
Dengan beragamnya kegunaan rumput teki ini, masyarakat tentu tidak akan lagi mengategorikan tanaman ini sebagai gulma.
Foto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s